Kamis, 06 Januari 2011

Guru PINTAR?Banyak..., Guru Cerdas?Belum Tentu ... (Menjadi Guru Menyenangkan Part 2)

Orang cerdas pasti pintar. Akan tetapi, orang pintar belum tentu cerdas. Oleh sebab itu, cerdas tidak boleh diterjemahkan sama dengan pintra. Orang cerdas lebih dari sekedar pintar. Jika orang pintar menguasai banyak ilmu pengetahuan dan intelektualnya bagus, orang cerdas tidak hanya menguasai banyak ilmu pengetahuan saja, tetapi ia mampu mempergunakan ilmu pengetahuannya untuk menolong dirinya dalam setiap situasi.
Guru cerdas adalah guru yang memiliki bayak ilmu pengetahuan disertai dengan kemampuan menggunakan ilmu pengetahuannya itu untuk menolong diri dan lingkungannya dalam menghadapi setiap situasi. Di tangan guru cerdas, setiap persoalan pendidikan di sekolah dapat diatasi. Oleh sebab itu, guru cerdas sangat dirindukan oleh siswa. Dari guru cerdas, siswa belajar banyak tentang ilmu pengetahuan dan bagaimana menggunakan ilmu pengetahuannya itu dalam kehidupan.
Kecerdasan seorang guru yang dirindukan siswa tentu saja tidak hanya sekedar cerdas intelektual saja, tapi meliputi berbagai kecerdasan lainnya, seperti kecerdasan sosial, emosional, dan kecerdasan spiritual. Guru yang cerdas secara intelektual, sosial, emosional, dan spiritual tentu saja merupakan aset termahal dalam dunia pendidikan.
Para siswa akan bangga memiliki guru cerdas. Bahkan, bukan hanya sebatas bangga, melainkan mereka juga akan belajar banyak darinya. Para siswa merasa tenang berada di samping orang dewasa yang cerdas. Mereka pun dapat tumbuh menjadi cerdas seperti gurunya.
Apakah anda sudah termasuk ke dalam guru cerdas? sekarang juga, tanya pada diri anda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar