Rabu, 08 Desember 2010

APAKAH ANDA GURU YANG MENYENANGKAN?



          Untuk mengetahui apakah anda termasuk guru yang menyenangkan  atau bukan, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur. Ingat, kejujuran anda merupakan modal utama untuk mendapatkan data yang shahih.
            Pilihlah jawaban berikut dengan melingkari salah satu huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang paling sesuai dengan sikap dan tindakan anda ketika menghadapi siswa.
  1. Yang biasa saya lakukan ketika siswa malas belajar ialah ...
a.       menasehatinya
b.      memarahinya
c.       membimbingnya
d.      membiarkannya
  1. Yang biasa saya lakukan ketika siswa membuat keributan di dalam kelas ialah ...
a.       memarahinya
b.      menasehatinya
c.       mengalihkan perhatiannya
d.      menghukumnya
  1. Yang biasa saya lakukan ketika siswa tidak mengerjakan PR di rumah ialah ...
a.       memarahinya
b.      memanggilnya
c.       menghukumnya
d.      menganalisisnya
  1. Sikap dan tindakan saya ketika menghadapi siswa yang menyinggung perasaan  saya ialah ...
a.       menghukumnya
b.      memarahinya
c.       tetap tenang dan mengarahkannya dengan kasih sayang
d.      membalasnya
  1. Sikap dan tindakan saya ketika menemukan siswa yang menunjukkan prestasi di dalam atau di luar kelas ialah ...
a.       membiarkannya
b.      mengakuinya
c.       menganggapnya biasa-biasa saja
d.      memberinya reward
  1. Sikap dan tindakan saya ketika menghadapi siswa yang melanggar tata tertib sekolah pada pelanggaran pertama ...
a.       membiarkannya
b.      menghukumnya
c.       memarahinya
d.      mengarahkannya
  1. Sikap dan tindakan saya ketika menghadapi siswa yang tidak mau menjawab pertanyaan guru di kelas ialah ...
a.       membiarkannya
b.      tidak menanyainya lagi
c.       mencelanya
d.      mengubah pertanyaan
  1. Kebiasaan saya ketika mengajukan pertanyaan dan siswa tidak ada yang dapat menjawab pertanyaan dalam kegiatan pembelajaran ialah ...
a.       menjawabnya sendiri dan menerangkannya
b.      marah dan kecewa
c.       menurunkan tingkat kesulitan pertanyaan
d.      melanjutkan pembelajaran
  1. Kebiasaan saya ketika menghadapi siswa yang overacting ialah ...
a.       mencela perilakunya
b.      mengabaikannya
c.       menghukumnya
d.      menasehatinya
  1. Kebiasaan saya ketika siswa mencurahkan isi hatinya ...
a.       membicarakannya dengan orang lain
b.      membimbingnya dan menjaga rahasianya
c.       mendengarkan saja
d.      menyerankan agar menghadap guru BP
  1. Kebiasaan saya ketika menghadapi siswa yang sulit diatur dan diarahkan ialah ...
a.       memarahinya
b.      mengomelinya
c.       membiarkannya
d.      mengubah pendekatan
  1. Kebiasaan saya ketika siswa menunjukkan perubahan ke arah yang lebih baik dalam sikap, nilai, dan perilaku ialah ...
a.       tidak berbuat apa-apa
b.      memberinya reward
c.       menyindirnya
d.      mengaguminya
  1. Kebiasaan saya ketika siswa mulai gelisah di kelas saat pembelajaran berlangsung ialah ...
a.       memarahi siswa
b.      menghentikan KBM
c.       mengubah pendekatan dan metode
d.      keluar dari kelas sampai siswa tenang
  1. Kebiasaan saya ketika melihat kelas dalam keadaan kotor ialah ...
a.       menyapunya sendir
b.      membimig siswa untuk membersihkannya
c.       memanggil penjaga sekolah untuk menyapunya
d.      membiarkan seperti apa adanya
  1. Kebiasaan saya ketika melihat meja dan kursi siswa berantakan ialah ...
a.       membimbing siswa untuk membereskannya
b.      membiarkannya dan terus mengajar
c.       menyuruh siswa membereskannya dan mengomelinya
d.      memarahi siswa dan menyuruh membereskannya
  1. Kebiasaan saya ketika ada siswa yang menyontek saat ujian ialah ...
a.       memarahinya
b.      membiarkannya
c.       menegurnya dengan baik
d.      merampas lembar jawaban
  1. Kebiasaan saya ketika siswa membuang sampah sembarangan ialah ...
a.       membiarkannya (berpura-pura tida tahu)
b.      memarahinya dan menyuruhnya membersihkan sampah
c.       menyuruhnya membersihkan sampah dan mengarahkannya
d.      memungut sampah dan memasukkan ke tempatnya
  1. Kebiasaan saya ketika menyaksikan siswa bertengkar dengan temannya ialah ...
a.       memarahinya
b.      melerainya dan menindaklanjutinya
c.       menyerahkannya kepada guru BP
d.      menyerahkan kepada bagian kesiswaan
  1. Kebiasaan saya ketika memberika PR kepada siswa ialah ...
a.       memeriksa sewajarnya
b.      mengabaikannya
c.       melupakannya
d.      memeriksanya dengan sungguh-sungguh
  1. Kebiasaan saya ketika siswa berbuat salah ialah ...
a.       mencelanya
b.      mengomelinya
c.       memarahinya
d.      membimbingnya dan tenang


Jawaban
No
Pilihan
Skor
Nilai Anda
1
A
B
C
D
3
0
5
1

2
A
B
C
D
0
2
5
1

3
A
B
C
D
0
2
5
1

4
A
B
C
D
1
0
5
0

5
A
B
C
D
0
3
1
5

6
A
B
C
D
1
1
0
5

7
A
B
C
D
0
1
0
5

8
A
B
C
D
1
0
5
1

9
A
B
C
D
1
5
1
2

10
A
B
C
D
0
5
2
2

11
A
B
C
D
0
0
1
5

12
A
B
C
D
1
5
0
2

13
A
B
C
D
0
1
5
1

14
A
B
C
D
1
5
1
0

15
A
B
C
D
5
0
1
1

16
A
B
C
D
0
0
5
2

17
A
B
C
D
0
2
5
2

18
A
B
C
D
0
5
2
2

19
A
B
C
D
2
0
0
5

20
A
B
C
D
0
0
1
5

Jumlah


CARA MENILAI
Jumlah skor perolehan anda. Apabila anda jujur dalam mengisinya, anda dapat mencocokkan skor anda dengan predikat berikut ini.

No
Jumlah Skor
Predikat
1
90-100
Sangat Menyenangkan
2
80-89
Menyenangkan
3
70-79
Cukup Menyenangkan
4
50-69
Kurang Menyenangkan
5
0-49
Tidak Menyenangkan

            Apabila anda memperoleh skor antara 90-100, anda termasuk guru yang SANGAT MENYENANGKAN. Apabila skor anda antara 80-89, anda termasuk guru yang MENYENANGKAN. Apabila skor anda antara 70-79, anda termasuk guru yang CUKUP MENYENANGKAN. Apabila skor perolehan anda antara 50-69, anda termasuk guru yang KURANG MENYENANGKAN. Dan apabila skor perolehan anda di bawah 49, anda termasuk ke dalam guru yang TIDAK MENYENANGKAN.
Klasifikasi tersebut merupakan hasil klasifikasi sementara anda saat ini. Anda dapat mengubahnya jika anda berkemauan untuk menjadi guru yang  menyenangkan. Prinsip yang hendaknya digunakan dalam mengubah keadaan ini, “Anda bisa apabila Anda mempunyai kemauan.”
Untuk mengubah keadaan, ubahlah secara perlahan-lahan. Sebab, mengubah karakter bukanlah pekerjaan mudah. Konsistenlah dengan salah satu sikap positif sampai menjadi kebiasaan. Setelah salah satu sikap positif telah menjadi kepribadian, tambahlah dengan sikap positif lainnya. Apabila anda bersungguh-sungguh dan konsisten dalam melakukannya, dalam waktu enam bulan anda akan berubah menjadi GURU YANG SANGAT MENYENANGKAN.
Kapan anda hendak memulai? Jawaban atas pertanyaan ini sangat bergantung pada sikap dan tekad anda. (Sumber: Guru Malas Guru Rajin-Ramuan Ajaib untuk Menjadi Guru Menyenangkan)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar