Selasa, 21 Desember 2010

Sponge Bob atau...Sponge Teacher?

Sponge Bob, tokoh yang satu ini selalu mencuri perhatian saya. Hampir setiap saya mendengar ada yang menyebut nama tokoh kartun yang satu ini, saya langsung teringat anak saya satu-satunya yang sebenatar lagi genap berusia 3 tahun. Tapi, kali ini kita tidak lagi membahas tokoh kartun sahabat si Patrick ini. namun, saya akan memaparkan tentang tipe guru ditinjau dari sikapnya dalam menghadapi perubahan.
Tipe guru ditinjau dari sudut pandang ini, dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa tipe berikut ini.
1. Stone Teacher
Guru tipe ini sangat keras perlawanannya terhadap perubahan. Ia merasa bahwa dirinya telah merasa nyaman dengan keadaan sehingga setiap kali datang perubahan, ia tetap saja mempertahankan diri seperti sedia kala. Ia enggan berubah. Contohnya, apabila guru diminta untuk mengubah paradigma baru mengenai pembelajaran dari guru sentris ke siswa sentris, stone teacher akan tetap kembali pada pendiriannya bahwa mengajar yang baik adalah berpusat pada guru (guru sentris)
Guru tipe ini tidak suka mengikuti tren perkembangan zaman. Ia kukuh mempertahakan diri dalam keadaan seperti sedia kala (status quo). Guru tipe ini bersikukuh dengan apa yang telah dimilikinya. Perubahan baginya adalah sesuatu yang membebani.
2. Sponge Teacher
Guru tipe ini kebalikan dari stone teacher. Ia sangat peka terhadap perubahan, akan tetapi kepekaannya terhadap perubahan sangat berlebihan. bahkan, karena terlalu pekanya terhadap perubahan, ia selalu mengikuti perubahan itu tandpa melalui proses adaptasi terlebih dahulu. Guru tipe ini menerima perubahan total tanpa melalui proses penyeringan dan adaptasi secara porposional.
3. Generator Teacher
Guru tipe ini sangat responsif terhadap perubahan, akan tetapi ia juga selektif dan adaptif dalam menerima setiap perubahan. Hal-hal yang dianggap baru, ia teliti dengan seksama sebelum diserap dan diterima sebagai hal baru bagi dirinya.
Guru tipe ini sangat menghormati perubahan. Akan tetapi di sisi lain, ia pun sangat menghargai hal-hal lama yang dipandang baik dan berguna. Ia berprinsip bahwa tidak setiap hal yang baru itu baik dan tidak setiap hal yang lama itu buruk. Guru tipe ini benar-benar arif dan bijak dalam menyikapi setiap perubahan yang datang.
Generator teacher sangat adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga ia selalu tampil up to date dan tidak gagap teknologi (gaptek). Berbagai perkembangan terbaru tentang pendidikan maupun kehidupan sosial politik dan ekonomi yang ada kaitannya dengan pendidikan ia ikuti dengan seksama. Apabila ada hal-hal baru yang mendukung terhadap perubahan positif, ia segera melakukan penerimaan dan penyerapan terhadap hal-hal yang baru itu secara "selektif". "Gergaji otak" tipe generator teacher selalu diasah dengan baik sehingga selalu tajam untuk digunakan.
Bagaimana para guru? Yup, kalau sponge bob memang tkoh kartun yang disukai anak-anak. Namun..., bagi kita para guru? Saatnya anda memilih, sekarang juga.

1 komentar: